Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) PadaMatapelajaran Pkn Untuk Menguatkan Literasi Kewargaan Dan Budaya Di Kelas X Sma Gema Buwana
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam proses pembelajaran mata pelajaran PKN di kelas X SMA Gema Buwana, serta (2) mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran PBL dalam mata pelajaran PKN untuk menguatkan literasi kewargaan dan budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model PBL dalam pembelajaran PKN mampu menguatkan literasi kewargaan dan budaya dengan mewujudkan nilai-nilai budaya, serta pemahaman terhadap hak dan kewajiban sebagai warga negara. Siswa menjadi sadar akan keberagaman budaya, ras, suku, dan kepercayaan di Indonesia, serta terdorong untuk bertanggung jawab dalam mengembangkan budaya nasional dan membangun identitas bangsa di tengah masyarakat global.
(2) Penguatan literasi kewargaan dan budaya siswa dilakukan melalui pembelajaran PKN di sekolah dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfin, M. Gerakan Literasi Sekolah: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2022.
Attalina. Penerapan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 112–120, 2020.
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. New York: Allyn and Bacon, 1999. (dalam Moleong, L. J., Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999).
Deden Mulyana. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Erisa. Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Peningkatan Kreativitas Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 45–52, 2021.
Grant, C. Developing Literacy in the School Context. London: Routledge, 1986.
Grossman, D. L., & Lee, W. O. Education for Citizenship in a Global Age. New York: Springer, 2008.
Hadiansah. Literasi Kewargaan dalam Pembelajaran PPKn di Sekolah Menengah. Bandung: UPI Press, 2017.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Panduan Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kemendikbud, 2017.
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Panduan Umum Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jakarta: Kemenristekdikti, 2016.
Kirk, J., & Miller, M. L. Reliability and Validity in Qualitative Research. Beverly Hills: Sage Publications, 1986.
Kurnia, R., dkk. Perencanaan Pembelajaran Berbasis Literasi. Yogyakarta: Deepublish, 2021.
Mantja, W. Pengantar Penelitian Kualitatif Pendidikan. Malang: Wineka Media, 1997.
Nisa, K. A. Problem Based Learning sebagai Model Pembelajaran Inovatif. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 89–98, 2018.
Nursanjaya. Paradigma Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.
Nursanjaya, A., dkk. Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2021.
Nuryati, E., dkk. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Perspektif Nilai-Nilai Pancasila. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2017.
Paristiyanti, N. Penguatan Literasi untuk Pembangunan Karakter Bangsa. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, 2016.
Sulkipani. Desain Pembelajaran Efektif: Integrasi Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. Bandung: Alfabeta, 2017.
Tim Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Panduan Pelaksanaan Literasi Sekolah. Jakarta: Kemendikbud, 2017.
Yulianto, A., Santosa, R., & Wulandari, D. Implementasi Project Based Learning dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 101–113, 2017.
DOI: https://doi.org/10.55311/azkayra.v2i2.56
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Azkayra: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Sosial
PT. Ibnu Baharuddin Manurung
Sekretariat:
Jalan Gambir Perumahan Grand Algeria Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang
Sumatera Utara-20237
E-mail: azkayrajournal@gmail.com