Pengajaran Bahasa Indonesia Melalui Pengenalan Kata Dasar Pada Siswa Muslim Suksa School Thailand

zihan manja anggita harahap, Syamsu Yurnita

Abstract


Pengajaran ini ditujukan kepada Muslim Suksa School Thailand. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Materi yang disampaikan bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa bahwa BIPA Pengenalan kata dasar pengenalan kata dasar merupakan pengajaran bahasa Indonesiasebagai bahasa asing dan bukan bahasa kedua. Bahasa Indonesia diajarkan agar orang asing dapathidup dan sintas dalam alam dan budaya indonesia. Salah satu kerangka yang digunakan adalah CEFR (Common European Frame of Reference) for language, tapi saat ini sudah ada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) BIPA Pengenalan kata dasar yang dirancang oleh Kemdikbud yang bisadi Gabungkan di Suksa School Thailand . Dalam pembelajaran BIPA Pengenalan kata dasar ada beberapa yang harus diperhatikan diantaranya strategi dan media pembelajaran BIPAPengenalan kata dasar melalui pengenalan kata dasar pada siswa. Metode diskusi juga digunakanuntuk tanya jawab dengan siswa terkait dengan pemahaman mereka terhadap materi yang telah disampaikan.


Keywords


Pembelajaran Bahasa Indonesia, Penutur Asing.

Full Text:

PDF

References


Azizah, dkk. Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA Pengenalan Kata Dasar) Program CLS (Critical Language Scholarship) di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Tahun 2012. 2013. Tersedia di: http://jurnalonline.um.ac.id/article/do/detailarticle/1/11/1386

Kusmiatun, A. Topik Pilihan Mahasiswa Tiongkok dalam Pembelajaran BIPA Pengenalan Kata Dasar Program Transfer Kredit di UNY Ari. Litera, 15(1), 138–146, 2016.

Arwansyah, Y. B., Suwandi, S., & Widodo, S. T. Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur. ELIC: Education and Language International Conference Proceedings, 1, 915–920, 2015.

Daryanto. Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Defina, D., Rasyid, Y., & Ridwan, S. Assessment of Students on BIPA Pengenalan Kata Dasar Teaching Materials Special Materials of Agriculture. Litera, 18(1), 150–163, 2019. https://doi.org/10.21831/ltr.v18i1.15613

Djamarah, Syaiful Bahri, & Zain, Aswin. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Ellis, R. Understanding Second Language Acquisition. TESL Canada, 6(2), 95–101, 1986.

Giovani, L. G. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di UPT Bahasa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Bulletin of the Seismological Society of America, 106(1), 6465–6489, 2016.

Suyitno, Imam. Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(1), 1–13, 2012. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1307

Iskandarwassid, & Sunendar, Dadang. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Mar’at, Samsunuwiyati. Psikolinguistik: Suatu Pengantar. Bandung: Refika Aditama, 2011.




DOI: https://doi.org/10.55311/azkayra.v2i2.54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Azkayra: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Sosial

PT. Ibnu Baharuddin Manurung
Sekretariat:
Jalan Gambir Perumahan Grand Algeria Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang
Sumatera Utara-20237
E-mail: azkayrajournal@gmail.com