Pelatihan Pembuatan Peta Bintang Pada Masyarakat Di Danau Lau Kawar

Ida Hanifah, Abu Yazid Raisal, Arwin Juli Rakhmadi, Muhammad Hidayat

Abstract


Astronomi merupakan cabang ilmu pengetahuan tertua yang mempelajari tentang langit dan segala yang ada didalamnya. Pengamatan benda langit merupakan elemen yang penting untuk mempelajari astronomi karena dapat mengembangkan keterampilan, meningkatkan pemahaman tentang konsep astronomi, dan membantu menumbuhkan minat. Minat masyarakat Indonesia terhadap astronomi semakin meningkat namun kendalanya astronomi tidak diajarkan secara khusus di sekolah. Salah satu pembahasan yang ada dalam astronomi adalah planisphere. Planisphere atau peta bintang merupakan alat yang digunakan untuk mengidentifikasi bintang dan rasi bintang di langit malam. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengenalkan peta bintang baik dalam teori dan penggunaannya serta melatih cara membuat peta bintang secara mandiri. Kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu pendahuluan, pembuatan, dan evaluasi. Berdasarkan tanggapan peserta diketahui bahwa peserta menyukai kegiatan ini karena menyenangkan dan dapat menambah ilmu. Kendala yang didapatkan saat melakukan kegiatan adalah pada saat peserta mencoba menggunakan peta bintang yang sudah dibuat karena kondisi langit yang berawan.

 

Keyword : Astronomy, Planisphere, Lau Kawar.


Full Text:

PDF

References


Butar-Butar, A. J. R. (2017). Esai-Esai Astronomi Islam. UMSU Press.

Chiang, C.-L., Lin, Y.-L., Chao, H.-C., Chen, J.-Y., & Lai, C.-H. (2019). Effect of Augmented Reality on Astronomical Observation Instruction. In L. Rønningsbakk, T.-T. Wu, F. E. Sandnes, & Y.-M. Huang (Eds.), Innovative Technologies and Learning (pp. 184–193).

Elzulfiah, R., Mahanti, D. E., Ramadhan, F., & Nasbey, H. (2015). Kajian Perkembangan Pendidikan Astronomi Untuk SMA Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 4, 37–42.

Fatmawati, Akmal, A. M., & Basir, F. R. (2022). Khazanah Tradisi Astronomi dan Astrologi Masyarakat Sulawesi Selatan. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 8(2), 136–150.

Julianti, V., Permana, A. H., & Fahdiran, R. (2022). Pengembangan E-Modul Astrofisika Sebagai Modul Pendamping Persiapan KSN Astronomi. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 10, 45–50.

Kwok, P. W. (2013). The use of planisphere to locate planets. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 14(1), 1–9.

Lee, A. S., Maryboy, N., Begay, D., Buck, W., Catricheo, Y., Hamacher, D., Holbrook, J., Kimura, K., Knockwood, C., Painting, T. K., & Varguez, M. (2020). Indigenous Astronomy: Best Practices and Protocols for Including Indigenous Astronomy in the Planetarium Setting. Proceedings of the 25th International Planetarium Society Conference, 1, 1–16. http://arxiv.org/abs/2008.05266

Liritzis, I., & Vlachos, A. (2022). Skyscape Impact to Cultural Astronomy. Scientific Culture, 8(3), 131–155. https://doi.org/10.5281/zenodo.6640243

Malchenko, S. L., Mykoliuk, D. V., & Kiv, A. E. (2020). Using interactive technologies to study the evolution of stars in astronomy classes. CEUR Workshop Proceedings, 2547, 145–155.

Ningsih, A. G., Nursaid, N., Hafrison, M., Indriyani, V., & Kurniawan, K. (2023). Training on Using Prezi as an Innovative Learning Media. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 608–615. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i3.13456

Pujani, N. M., & Rapi, N. K. (2015). Pelatihan Praktikum IPBA Bagi Guru SMP/SMA di Kota Singaraja Menuju Olimpiade Astronomi. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 4, 20–30.

Qulub, S. T. (2018). Integrasi Astronomi dalam Ilmu Falak di PTAI dan Pondok Pesantren. Jurnal Pemikiran Dan Pembaharuan Hukum Islam, 21(2), 288–309.

Raisal, A. Y., Fauziah, R. N., & Sukma, M. (2023). Pengaruh Bentangan Langit pada Kehidupan Masyarakat di Indonesia. In H. Putraga & R. Sinaga (Eds.), Astronomi Islam Vol II (pp. 38–72). Bildung.

Sujana, N., & Supeno, H. (2020). Desain Prototipe Media Pembelajaran Simulasi Tata Surya Pada Pelajaran Astronomi. Tematik - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikas, 7(1), 51–57. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.370

Tarng, W., Pan, J. K., & Lin, C. P. (2017). Development of a Motion Sensing and Automatic Positioning Universal Planisphere Using Augmented Reality Technology. Mobile Information Systems, 2017, 1–13. https://doi.org/10.1155/2017/3167435

Tian, K., Endo, M., Urata, M., Mouri, K., & Yasuda, T. (2014). Multi-Viewpoint Smartphone AR-Based Learning System for Astronomical Observation. International Journal of Computer Theory and Engineering, 6(5), 396–400. https://doi.org/10.7763/ijcte.2014.v6.897

Tian, K., Urata, M., Endo, M., Mouri, K., Yasuda, T., & Kato, J. (2019). Real-world oriented smartphone AR Supported Learning system based on planetarium contents for seasonal constellation observation. Applied Sciences (Switzerland), 9(17), 1–18. https://doi.org/10.3390/app9173508

Zhang, J., Sung, Y. T., Hou, H. T., & Chang, K. E. (2014). The development and evaluation of an augmented reality-based armillary sphere for astronomical observation instruction. Computers and Education, 73, 178–188. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.01.003

Qorib, M., Zailani, Z., Radiman, R., Amrizal, A., & Rakhmadi, A. J. (2019). Peran Dan Kontribusi Oif Umsu Dalam Pengenalan Ilmu Falak Di Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 133-141.




DOI: https://doi.org/10.55311/azkayra.v1i1.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Azkayra: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Sosial

PT. Ibnu Baharuddin Manurung
Sekretariat:
Jalan Gambir Perumahan Grand Algeria Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang
Sumatera Utara-20237
E-mail: azkayrajournal@gmail.com

  • slot gacor
  • slot gacor
  • toto slot