Penerapan Media Pop Up Book Pada Pelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Islam Setia Nurul Azmi T.A 2023/2024
Abstract
enelitian ini dilakukan di Sekolah Islam Setia Nurul Azmi dan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN materi Keragaman Budaya melalui penggunaan media Pop-up Book. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus pembelajaran. Masalah utama yang ditemukan ialah rendahnya minat dan perhatian siswa terhadap pembelajaran, yang berdampak pada hasil belajar di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Media Pop-up Book dipilih karena mampu menghadirkan visualisasi tiga dimensi yang menarik, interaktif, dan kontekstual, sehingga menumbuhkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, yaitu
dari 43,1% pada siklus I menjadi 90,9% pada siklus II, dengan selisih peningkatan 47,8%. Dengan demikian, penggunaan media Pop-up Book terbukti berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN materi Keragaman Budaya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sapriyah. Media Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Modern. 2019.
Usep. Peranan Media Pembelajaran terhadap Efektivitas Proses Belajar Mengajar. 2022.
Yuni. Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Kreatif di Sekolah Dasar. 2023.
Nanang, Dkk. Pengembangan Media Pop-Up Book dalam Pembelajaran Tematik. 2019.
Rina. Teknik Pembuatan dan Penggunaan Pop-Up Book. 2022.
Rahma, N. Efektivitas Pop-Up Book terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. 2021.
Nita Anisa. Langkah-langkah Pembuatan Buku Pop-Up untuk Media Pembelajaran. 2018.
Dera, Dkk. Pendidikan Kewarganegaraan dan Nilai Demokrasi di Sekolah Dasar. 2021.
Yunisca. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan. 2020.
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. 2019.
Arindra. Model Pembelajaran Inovatif untuk Peningkatan Hasil Belajar. 2021.
Usman, Dkk. Psikologi Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa. 2021.
Ridho. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. 2019.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2019.
Dicky Edwar Daulay. Teknik Analisis Data Penelitian Pendidikan. 2021.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.55311/azkayra.v2i2.55
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Azkayra: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Sosial
PT. Ibnu Baharuddin Manurung
Sekretariat:
Jalan Gambir Perumahan Grand Algeria Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang
Sumatera Utara-20237
E-mail: azkayrajournal@gmail.com