Pelatihan Berbalas Pantun Untuk Menulis Pantun Dengan Gerakan Asik

Tepu Sitepu, Josua Krismanto, Wan Wiya Asmanijar, Fitri Pebriani Simanjuntak, Evi Sahara, Cici Paramida, Harri Setiawan Simarmata

Abstract


Pelatihan Berbalas Pantun dengan Gerakan ASIK merupakan sebuah pendekatan kreatif untuk memperkenalkan seni pantun kepada peserta pelatihan dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memperluas pemahaman peserta tentang pantun, memotivasi mereka untuk mengekspresikan diri melalui pantun, dan meningkatkan keterampilan berbicara di depan publik. Selain itu, pelatihan ini juga menggabungkan unsur gerakan fisik untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih berkesan. Pelatihan ini akan terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu pengenalan pantun, contoh pantun, berbalas pantun, gerakan ASIK, dan performa pantun. Hasil dari pelatihan ini adalah meningkatnya pemahaman peserta tentang seni pantun, kemampuan mereka dalam mengekspresikan diri melalui pantun, dan keterampilan berbicara di depan publik. Selain itu, mereka juga akan merasakan kesenangan dalam belajar pantun dengan gerakan ASIK. Pelatihan ini cocok untuk berbagai kelompok usia, termasuk siswa, pegawai, dan siapa saja yang ingin mengembangkan kreativitas dan kemampuan berbicara mereka melalui seni tradisional yang unik, yaitu pantun.

 

Kata Kunci: Pelatihan, Berbalas Pantun, Menulis Pantun, Gerakan ASIK.


Full Text:

PDF

References


Do'embana, S. (2016). Peningkatan Keterampilan Siswa Menulis Pantun Melalui Teknik Balas Pantun di Kelas IV SDN 1 Tatura. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(6), 121007.

Kara, P. L., Efendi, E., & Gagaramusu, Y. Peningkatan Keterampilan Siswa Menulis Pantun Melalui Teknik Balas Pantun Di Kelas IV SDN Pipikoro. Jurnal Kreatif Online, 7(4).

Aqis, Y., Mai Yuliastri, S., Rini, A., Dewi Leni, M., & Dini, H. (2022). PELATIHAN PENULISAN PANTUN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI MADRASAH ALIYAH SIRAJUL ULUM PONTIANAK. -.

HAREFA, T. M. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Terhadap Kemampuan Menulis Pantun oleh Siswa Kelas VII SMP Swasta Dharma Bakti Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Sari, A., Saripudin, A., Heryana, N., & Ratnawati, L. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN KONTEN BERBALAS PANTUN MEMANFAATKAN YOUTUBE DAN TIKTOK DI SMA SRIJAYA NEGARA UPAYA REVITALISASI SASTRA LAMA BAGI PELAJAR MILENIAL. JOURNAL OF SRIWIJAYA COMMUNITY SERVICE ON EDUCATION (JSCSE), 2(1), 26-34.

Arifin, M. (2022). The Four Main Principles That Become the Pillars of Legal Building National Treaty. De Lega Lata: Jurnal Ilmu Hukum, 7(2), 272-279.

Arifin, M. (2021). The Influence Of Islamic Law And Economic Principles On Banking Industry In Indonesia. Pt. 2 J. Legal Ethical & Regul. Isses, 24, 1.

Muhammad Arifin, S. H. (2019). The Development of Qur'anic Interpretation in the Era of Reformation in Indonesia. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.

Muhammad Arifin, S. H. (2019). The Development of Qur'anic Interpretation in the Era of Reformation in Indonesia. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.

Koto, I., Hanifah, I., Perdana, S., & Nadirah, I. (2023). PERLINDUNGAN HUKUM ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Jurnal Yuridis, 10(2), 66-73.




DOI: https://doi.org/10.55311/azkayra.v1i1.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Azkayra: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Sosial

PT. Ibnu Baharuddin Manurung
Sekretariat:
Jalan Gambir Perumahan Grand Algeria Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang
Sumatera Utara-20237
E-mail: azkayrajournal@gmail.com