EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GAMBAR KARTUN HEWAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI BAHASA INGGRIS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan gambar kartun hewan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks naratif bahasa Inggris siswa di SMP Swasta PGRI 3 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 4 dan VIII 5 yang diambil dari dua kelas. Sampel berjumlah 84 siswa yang diambil dengan teknik random sampling dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dalam menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Perbandingan data yang dikumpulkan dibuat dalam bentuk skor pra-tes dan skor pasca-tes. Kemudian kedua skor tersebut diperbandingkan untuk mengetahui perbedaan antara skor tes awal dan skor tes akhir. Uji perbedaan skor hanya dilakukan pada rata-rata kedua skor tersebut, untuk itu digunakan teknik yang disebut uji t. Oleh karena itu, terdapat Satu Kelompok Pretest dan Posttest. Penelitian ini menemukan bahwa t observasi (2023). Hal ini lebih tinggi dari t tabel (86,77) hasil pengujian hipotesis sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat efektivitas penggunaan gambar kartun hewan dalam meningkatkan keterampilan menulis teks naratif bahasa Inggris siswa kelas VII SMP Swasta PGRI 3 Medan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik).
Jakarta: Rineka Utama. Jakarta: Rineka Utama.
Astria. 2015. The Use Of Videos To Improve Students’ Writing Skill On Narrative Text In
English Learning Proses. Makassar: Thesis of Faculty of Teacher Treaning in Education Muhammadiyah University of Makassar
Byrne, Donn.1984. Teaching Writing Skill. Hongkong: Longman Group.Ltd
Creswell, W. John. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating
Quantitive and Qualitative Research.New Jersey : PearsonEducation.
fitriana, n. (2011). the use of animation movies to improve students' writing skills
of narrative text. surakarta: 2011.
Erni, S. (2015). The Use of Picture Series to Improve the Writing Ability of Narrative Text of
the Tenth Grade Students of SMA Negeri 1 Petarukan in the Academic Year of 2014/2015. English Education Journal, 5(1), 1–7.
Febri Anatia Hersy. (2025). Efektivitas Penggunaan Gambar Kartun Hewan untuk
Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Naratif Bahasa Inggris Siswa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ameera: Jurnal Pendidikan, Sains dan Matematika
PT. Ibnu Baharuddin Manurung
Sekretariat:
Jalan Gambir Perumahan Grand Algeria Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang
Sumatera Utara-20237
E-mail: ameerajournal@gmail.com
