Tinjauan Kritis Terhadap Etika Profesi Guru Dalam Konteks Multikulturalisme Dan Inklusi Pendidikan

Alia Nurjannah, Suci Khairani

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk memberikan tinjauan kritis terhadap etika profesi guru dalam konteks multikulturalisme dan inklusi pendidikan. Dengan menggunakan metode analisis literatur dan studi kasus, penelitian ini menganalisis bagaimana guru-guru memahami, menerapkan, dan menghadapi tantangan etika dalam lingkungan sekolah yang semakin beragam dan inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sementara banyak guru berusaha untuk mematuhi prinsip-prinsip etika dalam menghadapi keberagaman budaya dan kebutuhan siswa dengan berbagai latar belakang, ada juga beberapa isu yang muncul terkait dengan ketidaksetaraan, bias, dan ketidakadilan dalam pendidikan. Artikel ini menyajikan pandangan kritis terhadap peran etika profesi guru dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan multikultural, serta menyoroti perlunya pendekatan yang lebih holistik dan kesadaran yang lebih mendalam terhadap isu-isu ini dalam pengembangan pendidikan.


Keywords


Etika Profesi, Multikulturalisme, Inklusi Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Ainiyyah, N. (2023). Peran Etika Profesi Dalam Upaya Penegakkan Profesionalisme Tenaga Pendidik. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 5779-5783.

Ali, M. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Mengajar. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100-120.

Hudalloh, M. (2019). Analisis Kebijakan Pengembangan Profesi Guru Di MI Al Huda Maguwoharjo Depok Sleman. As-Sibyan, 2(1), 1-20.

Hamid, A. (2020). Profesionalisme Guru dalam Proses Pembelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 1-17.

Irawati, I. (2020). Urgensi pendidikan multikultural, pendidikan segregasi dan pendidikan inklusi di Indonesia. Instructional Development Journal, 3(3), 177-187.

Putra, R. A. R. (2021). Menilik Nilai–Nilai Keislaman dalam Etika Profesi Personal Pengembang Teknologi Pembelajaran. JIE (Journal of Islamic Education), 6(2), 158-172.

Setiyaningsih, D. (2020). Peran etika dan profesi kependidikan dalam membangun nilai-nilai karakter mahasiswa calon guru sd. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 4(1), 27-36.

Suryani, R., Tarigan, E. A. B., Pangesty, H. A., Putri, K. A., & Tarigan, W. A. (2023). Kompetensi Guru BK SMA Negeri 10 Medan dalam Memahami Kode Etik Profesionalisme Seorang Guru Bimbingan dan Konseling. As-Syar'i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 5(1), 286-292.

Wardhani, P. S. N. (2020, September). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Menyikapi Keberagaman Di Sekolah Inklusi. In Journal Fascho in Education Conference-Proceedings (Vol. 1, No. 1).

Yusuf, M. (2023). Inklusi Pendidikan Islam: Mewujudkan Pendidikan Semua Anak dalam Konteks Multikultural. Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi, 2(1), 23-44.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Ameera: Jurnal Pendidikan, Sains dan Matematika

PT. Ibnu Baharuddin Manurung
Sekretariat:
Jalan Gambir Perumahan Grand Algeria Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang
Sumatera Utara-20237
E-mail: ameerajournal@gmail.com

  • slot gacor
  • slot gacor
  • toto slot